Indramayu, PN
Pada libur Natal dan Tahun Baru 2022, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 3 Cirebon telah mempersiapkan sarana dan prasananya dalam menyelenggarakan perjalanan kereta api dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang sangat ketat. Operasional kereta api tersebut ditujukan guna membantu konektivitas masyarakat yang ingin bepergian dengan aman dan nyaman.
“Dalam masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2022, PT KAI Daop 3 Cirebon akan tetap konsisten menerapkan protokol kesehatan secara disiplin pada layanan Kereta Api sesuai ketentuan dari pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Persyaratan protokol kesehatan di masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2022 ini, telah diatur dalam Surat Edaran Kemenhub No: 112 Tahun 2021,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto dalam rilisnya, Kamis (16/12).
Menurutnya, pada periode 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang merupakan daerah di tengah-tengah Pulau Jawa yang menghubungkan relasi Jakarta – Surabaya – Purwokerto – Jogyakarta, akan terdapat 87 perjalanan KA Reguler yang melintas. Dari 87 perjalanan KA Reguler tersebut, tersedia total kapasitas daya angkut rata-rata 809.594 tempat duduk/hari.
Guna mendukung operasional perjalanan kereta api yang merupakan perjalanan KA pemberangkatan awal di wilayahnya (KA Argo Cheribon dan KA Ranggajati), PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan sarana berupa 12 Lokomotif dan 56 gerbong kereta.
Suprapto menjelaskan, secara umum tiket yang terjual masih dibawah 30% dan diprediksi akan terus bergerak karena penjualan masih berlangsung.
“Adapun prediksi rute yang menjadi favorit masyarakat di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon dalam masa Natal dan Tahun Baru 2022 diantaranya rute Cirebon – Jakarta, Cirebon – Surabaya, Cirebon – Jogyakarta, Cirebon – Bandung, Cirebon – Semarang dan Cirebon – Jember,” jelasnya,
Sementara tiket Kereta Api pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 sudah dapat dipesan oleh masyarakat melalui aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel resmi penjualan tiket KAI lainnya.
Pada masa Natal dan Tahun Baru 2022 ini, para pegawai PT KAI Daop 3 Cirebon akan melakukan posko di berbagai daerah. Posko tersebut bertujuan untuk memastikan pelayanan berjalan dengan lancar, protokol kesehatan diterapkan secara disiplin, serta memastikan sarana dan prasarana kereta api dalam kondisi yang andal.
Suprapto menyebutkan, KAI juga telah mengintegrasikan aplikasi Peduli Lindungi dengan sistem boarding KAI. Integrasi ini terwujud melalui kerjasama antara KAI dan Kementerian Kesehatan dengan tujuan untuk mempermudah pelanggan, memperlancar proses pemeriksaan dokumen, dan menghindari pemalsuan dokumen.
PT KAI Daop 3 Cirebon menyediakan 5 stasiun yang melayani Rapid Test Antigen di stasiun dengan tarif Rp45.000, diantaranya Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Jatibarang, Stasiun Brebes dan Stasiun Babakan.
“Layanan Rapid Test Antigen di stasiun ini untuk membantu masyarakat dalam memenuhi persyaratan bepergian menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di masa pandemi Covid-19,” tambahnya.
Info selengkapnya terkait layanan Kereta Api, masyarakat dapat menghubungi Customer Service Stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121. (saprorudin)