Kab. Cirebon, PN
Di era serba digital dan tingginya tuntutan pelayanan masyarakat yang serba cepat, Pemerintah Desa tentunya sudah lebih diberdayakan dengan penyediaan sarana dan prasarana terkait teknologi informasi dan komunikasi sehingga penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan cepat, efektif, dan efesien. Di launching perdananya, Camat Karangsembung secara langsung memberikan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pemerintah Desa (SARASA) bertempat di Kantor Balai Desa Karangtengah, Kecamatan Karangsembung, Kamis (3/6).
Camat Karangsembung, Sukana, S.STP mengatakan, aplikasi SARASA sendiri pasalnya akan menjadi Pilar Pelayanan Publik yang pertama di Pemerintah Desa Karangtengah, Kecamatan Karangsembung, Kabupaten Cirebon atau menjadi desa percontohan yang menggunakan SARASA di Kecamatan Karangsembung dan juga desa yang ada di Kabupaten Cirebon. Menurutnya, dengan aplikasi SARASA ini juga sebagai upaya membangun komitmen untuk senantiasa maju bersama Pemerintah Desa. Dimana aparatur pemerintah desa dituntut untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. ”Pemerintah Desa sebagai ujung tombak dari pemerintah secara Nasional, seringkali dihadapkan pada banyak persoalan yang mendasar terutama tentang pengelolaan data kependudukan dan sekaligus harus menjawab kebutuhan warga masyarakat desa yang semakin menuntut terciptanya sebuah pelayanan prima di pemerintah desa,” ujarnya.
Lanjut dikatakan Sukana, dengan SARASA diharapkan dapat meningkatkan efesiensi dan efektifitas kerja pemerintah desa. Untuk itu, sebagai salahsatu upaya mendukung Reformasi Birokrasi terlaksananya pelayanan data kependudukan khususnya di Desa Karangtengah yang lebih efektif dan efesien, perlu adanya peningkatan kepuasan dan kepercayaan masyarakat hingga tercapainya good governance. Selanjutnya, dengan SARASA ini juga diharapkan mampu untuk membantu perbaikan unit kerja Desa dan semua aparatur Pemerintah Desa Karangtengah yang secara optimal dengan kualitas SDM yang berkinerja tinggi dengan memanfa’atkan semua sarana dan prasarana kantor yang ada untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di desa. Tujuan lain SARASA tentunya untuk Peningkatan pelayanan publik dan terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan public di Desa Karangtengah yang mudah, efektif, cepat, aurat dan terintegrasi dengan adanya Standar Operating Procedure (SOP) dan informasi persyaratan yang jelas sehingga tercapainya kepuasan masyarakat atas pelayanan desa dan kecamatan. ”Manfaat SARASA dengan adanya kinerja sekretariat desa yang tinggi dapat memberikan dukungan yang kuat untuk mewujudkan peran pemimpin dan penyelenggara pemerintah desa dengan terbangunnya website desa. Ini salahsatu out put dari Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang saya ikuti di Bandung BPSDM Provinsi Jawa Barat beberapa bulan lalu,” terangnya. (ries)