Indramayu, PN
Mengantisipasi kejadian alam yang tidak diinginkan seiring datangnya musim penghujan, PT KAI Daop 3 Cirebon telah melaksanakan berbagai program perbaikan dan penguatan pendukung pondasi tubuh badan rel diberbagai titik, serta menyiapkan mekanisme Manajemen Alat Material Untuk Siaga (AMUS).
“Dengan telah datangnya musim penghujan pada bulan November ini, PT KAI Daop 3 Cirebon telah mengambil langkah – langkah antisipasi agar kejadian alam seperti banjir tidak menggangu kemanan dan kelancaran perjalanan kereta api. Salah satunya, kita telah mempunyai data seputar ramalan cuaca di berbagai wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon yang selalu diperbaharui setiap harinya,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto dalam keterangannya, Rabu (03/11).
Dalam mengantisipasi kejadian alam ini, kata dia pihaknya telah menyiapkan management resiko bernama AMUS. AMUS ditempatkan di 9 titik strategis yaitu di Stasiun Pabuaran, Stasiun Pegadenbaru, Stasiun Telagasari, Stasiun Jatibarang, Stasiun Cirebon, Stasiun Cirebon Prujakan, Stasiun Luwung, Stasiun Sindanglaut dan Stasiun Ciledug.
“Para personil siaga 24 jam dalam menangani kondisi lintas jalur rel dan terbagi dalam 3 shift kerja. PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyiapkan 50 petugas penilik jalan (PPJ) ekstra dan 14 petugas posko daerah rawan ekstra yang disiagakan untuk mengamankan dan memantau kondisi jalur rel, disamping petugas reguler yang sudah ada,” bebernya.
Sementara wilayah kerja PT KAI Daop 3 Cirebon tambah dia memiliki 30 stasiun yang terbentang dari Stasiun Tanjungrasa (Subang), Stasiun Jatibarang (Indramayu), Stasiun Cirebon, Stasiun Brebes hingga Stasiun Songgom dengan total panjang rel 549 km.
Dari panjang rel tersebut, terdapat 3 titik lokasi yang menjadi potensi terjadinya banjir, diantaranya di Km 86 – 87 antara Stasiun Cikampek – Stasiun Tanjungrasa. Di Km 174 – 177 anatara Stasiun Tanjung – Stasiun Brebes dan di Km 185 – 187 antara Stasiun Losari – Stasiun Tanjung.
“Kita berharap peran serta aktif dari masyarakat di sekitar jalur lintasan rel agar ikut membantu dalam keselamatan dan kelancaran perjalanan KA. Semoga jalinan komunikasi dan keperdulian antara PT KAI dan masyarakat sekitar jalur rel yang telah terjalin baik selama ini, akan terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” pungkasnya. (saprorudin)